Sabtu, 02 Juni 2012

Cara crop foto dengan photoshop

Cara crop foto dengan photoshop

Yah Cara crop foto dengan photoshop, Atau tutorial crop photoshop, atau  cara cropping pas  foto, dan cropping photo  , serta  teknik memotong photo dan gambar atau apapun namanya  sudah banyak beredar di internet.  walaupun begitu kali ini saya akan memposting khusus tentang  Cara crop foto di photoshop. Yah kita perlu melakukan crop photo atau gambar karena photo hasil pemotretan tidak cocok dengan keinginan dan kebutuhan kita, sehingga bagian yang tidak kita perlukan harus kita buang atau kita hilangkan dengan memotongnya.


Berikut ini adalah contoh foto yang akan saya gunakan. Yaitu sebuah photo atau gambar berukuran 3r berwarna atau ukuran postcard. Pada gambar yang terlihat di atas tampak sebuah photo dengan obyek dua anak dengan latar belakang atau background foto pemandangan polos warna biru hasil pemotratan di studio photo  Selengkapnya mari kita ikuti  tips dan triks panduan mrngrnsi  cara  melakukan crop  foto .

  1. Kita buka foto di program kesayangan kita Adobe photoshop silahkan mau pakai Cs2 cs3 cs4 atau cs5 yang mana saja.

  2. Langsung Klik menu Window > Centang Tool > Crop Tool (C). Maka segera akan muncul kotak Tools seperti  tampak pada gambar di bawah ini.  Agar kelihatan besar silahkan Klik saja pada gambarnya !                                                    

  3. Lalu Klik menu Window > Centang Option. Maka akan muncul sebuah Option Bar seperti tampak pada gambar si atas

  4. Kemudian  :  Ada beberapa pilihan tentang cara croping foto menggunakan photoshop :

Hasil  Crop Foto ber-ukuran tetap

Cara melakukannya adalah :

  • Pada Option Bar lakukan Klik Front Image . Kita bisa melihat isian Width dan Height otomatis menjadi 3R yaitu ukuran foto awal. Agar terlihat jelas Klik gambar di bawah Ini.

  • Kita lakukan Drag dari pojok  foto ke arah pojok yang lainnya kemudian lepaskan. Sejauh mana kita dalam melepaskannya? Sejauh kebutuhan dan keinginan .  Sekali lagi Klik gambar agar lebih besar.

  • Lalu Tekan atau pencet tombol Enter pada keyboard.

  • Maka Selesai. Photo hasil pemotongan atau crop foto di photoshop mempunyai ukuran yang sama dengan photo original alias asli namun mempunyai kualitas ketajaman yang menurun atau lebih rendah. Foto di bagian luar garis crop yang telihat lebih gelap sara default akan hilang terbuang  atau terpotong. Kita bisa menentukan bagian mana yang akan kita potong. Yaitu dengan cara crop foto dengan photoshop

Foto hasil Crop mempunyai kualitas tetap.

Caranya kita lakukan saja langkah berikut ini:

  1. Pada Option Bar Klik Clear .Maka  pada Width, Height, dan Resolution menjadi nol.

  2. Lakukan Drag dari pojok foto ke pojok yang lain.

  3. Tekan atau pencet Enter di keyboard kita

  4. Selesai.

Hasil dari crop foto mempunyai kualitas ketajaman yang sama dengan photo mula-mula, namun ukurannya menjadi lebih kecil dari foto semula. Ukurannya tergantung dari seberapa jauh kita meng-crop-nya.

    

Hasil  Crop Foto mempunyai ukuran tertentu.

Sebagai contoh kita akan memotong foto di photoshop mengadi ukuran 3R. Bagaimana cara melakukannya ?

Caranya adalah sebagai berikut :

  • Di Option Bar isilah ukuran Width = 8,9 cm ukuran Height = 12,7 cm ukuran resolusi = 300 pix/Inch. Untuk ukuran foto yang lain. Lihat kembali tulisan saya di sini --> dengan judul Macam-macam ukuran foto.

  • Lakukan Drag pada ujung foto yang satu ke ujung foto yang lain,

  • Tekan Enter pada keyboard.

  • Selesai.

LAIN_LAIN :

  • Hasil  Crop Foto berukuran  berlawanan panjang dan lebarnya.

------> klik  Swap Height and Width yang ada pada Option bar.

  • Hasil  Cropping Foto berukuran default photoshop

-------> Klik Icon Crop ( Tool Preset Picker) pada Option bar >>> klik ukuran yang kita inginkan

Agar kita tidak perlu berkali-kali mengisikan angka panjang dan lebar pada option bar, maka kita perlu membuat setting pada Tool Preset Picker.
-------> Caranya  adalah sebagai berikut :

  • Isilah  panjang dan lebarnya misal saja  pajang = 3 cm dan lebar = 4 cm.

  • klik Tool Preset Picker

  • Klik Create New Tool Preset

  • Beri nama yang kita inginkan

  • Klik Oke.

  • Siap untuk digunakan. Cara menggunakannya lihat saja pada sub judul  Hasil Crop Foto berukuran default Photoshop di atas.

  • Hasil  Crop Foto bisa diatur Kemiringaanya

Caranya adalah setelah drag lalu kita lepas, klik sebelah luar dari kotak cropping yang terlihat seperti rantai berkedip lalu geser seseuai keinginan. Kemudian klik Oke. Sebenarnya masih ada menu lain seperti  shield color dan perspectiv silahkan di explore sendiri pada postingan ini.

0 komentar:

Posting Komentar